Nyentrik dan Sukses

post



Artikel ini terinspirasi kuliah tamu yang baru saja aku ikuti bersama pembicara Pak Andang Bachtiar.
Seorang yang sukses dan sangat berkarakter.

Beberapa orang sukses mempunyai penampilan unik, atau sering dibilang nyentrik bahkan aneh. Itu karena penampilan mereka sangat tidak mencerminkan kedudukan mereka yang sebenarnya di dunia yang mereka geluti.

Aku ambil contoh 2 orang saja, Pak Bob (Bob Sadino) dan Pak Andang (Andang Bachtiar).

Keduanya mempunyai kesamaan dalam kesuksesannya dibidang keahlian masing-masing, Pak Bob pada industri Kemchick-nya dan Pak Andang di Perusahaan Konsultan Migasnya (ETTI-Exploration Think Tank International). Adalagi kesamaannya, yaitu pada penampilannya dalam hal selera berbusana. Sepanjang yang aku amati sih, katanya, mereka suka pakai celana pendek dan berpakaian santai bahkan dalam event resmi sekalipun.

Sebenarnya kenapa terjadi fenomena ini yah?
Kalau sebatas pemahaman saya, mungkin karena pemikiran mereka bebas tanpa batasan. itulah mengapa mereka bisa mengeksplor kemampuan mereka secara maksimal hingga kesuksesan bisa diraih. Demikian pula dalam penampilan, tampaknya mereka tidak suka dibatasi dan lebih suka apa adanya. Meskipun terkadang bagi orang lain di anggap aneh.

Pernah dengar penuturan Pak Bob mengenai kesukaannya memakai celana pendek? Aku pernah dengar disuatu talkshow, katanya celana pendek mengingatkannya saat masih menjadi pekerja kapal di Eropa sana. Di sana orang sangat menyukai sinar matahari karena bisa menggelapkan kulit mereka yang pucat. Padahal iklim di sana menyebabkan jarang ada sinar matahari. Sedangkan di Indonesia sinar matahari sangat melimpah. Jadi kebiasaan beliau disana pun terbawa hingga sekarang.

Jadi kenapa yah orang Indonesia justru menghindari sinar matahari...hehehe...takut kulit jadi gelap??

Karakter Boss

post



Sudah baca koran kompas hari ini?
Berikut ini salah satu beritanya:
BATAM, KOMPAS.com — Ribuan buruh dari galangan kapal PT Drydocks World Graha terlibat dalam amuk massa yang menyebabkan kantor dan gudang penyimpanan barang berserta 27 mobil rusak dan terbakar. Peristiwa Ini terjadi di kawasan Tanjung Uncang, Batam, Kamis (22/4/2010) siang. Berdasarkan informasi yang dihimpun Kompas, kejadian ini berawal dari sebuah kalimat pelecehan dari salah satu supervisor asal India di perusahaan itu. Ia mengatakan bahwa semua orang Indonesia bodoh. Pernyataan itu keluar saat ia sedang memberikan briefing rutin kepada sekitar 20 karyawan di bagian piping pukul 08.00 pagi. Tak jelas perkaranya, yang pasti pernyataan itu kontan menyulut emosi para karyawan, termasuk supervisor lain yang berasal dari Indonesia.                                                                                                                  Selengkapnya bisa di baca di http://regional.kompas.com/read/2010/04/22/12172429/Dihina..Ribuan.Buruh.di.Batam.Mengamuk-8.

Tuhan....artikel diatas tampaknya rasis banget yah. Padahal kan mungkin benar masih ada orang Indonesia yang bodoh, buta huruf dsb. Tapi ada juga yang jenius, buktinya pas olimpiade internasional kitalah juaranya. Jadi menurut saya sangat tidak bijak jika semua digeneralisasikan jadi "semua orang Indonesia bodoh". Oh my God...orang yang ngomong ini penalarannya bagaimana sih? Kayanya sih orang ini sangat jarang mendengar berita di media massa. Sepertinya seseorang harus mengajarinya Silogisme seperti di materi pelajaran matematika SMA. Tapi sudahlah, itu hanya oknum..

Dalam beberapa percakapan, saya juga sering mendengar dari teman mengenai karakter boss mereka.

Si A bilang "Sejak boss diganti aku jadi kehilangan uang lembur, padahal dulu waktu masih dengan boss dari negara M*****o semuanya baik saja sampai diganti dengan boss dari negara I***a. Sekarang semua pekerjaanku dianggap salah".

Sementara B bilang, "Bekerja dengan boss warganegara K***a aku merasa seperti pekerja rodi, tenaga diperas habis-habisan".

Teman saya C bilang, "Si Mr X yang berkewarganegaraan A*******a itu kinerjanya bagus banget, setelah dibawah pimpinannya perusahaanku jadi maju, dia juga nggak males ke lapangan".

Ehhh...teman dekatku D bilang,"Boss seorang warganegara C**a, dia itu percaya banget sama aku, apapun yang aku bilang dia percaya".

Bagaimana yah dengan boss lokal kita? Terkadang karyawan mengeluh karena ada teman kerja yang jabatan lebih cepat naik dibandingkan dirinya.

Sebenarnya aku cuma ingin menyampaikan, dalam dunia pekerjaan, karakter seseorang memang sangat dipengaruhi oleh budaya dari mana dia berasal. Sebagai contoh misalnya bossnya Si A. Mungkin saja perilaku bossnya yang baru, yang notabene baru pindah dari negara asalnya memang menggambarkan budaya kerja di negara tersebut. Negara yang mempunyai populasi penduduk yang padat, banyak penduduk miskin (meskipun 10 besar milyader dunia ada juga disana) dan tingkat pengangguran tinggi. Menurut analisis saya hal ini menyebabkan persaingan kerja sangat ketat, maka mereka mempunyai sifat yang keras dan serba perfeksionis terhadap anak buah. Kenapa, karena saat mereka awal bekerja pun mereka menghadapi persaingan yang keras di negaranya. Sehingga pada saat pindah ke Indonesia semuanya itu terbawa.

Sementara Si B, bossnya berasal dari negara yang cukup maju, sehingga mereka sangat menghargai waktu. Tapi karena majunya masih cukupan saja yah....jadinya mreka masih mengejar profit juga. Maka pantas aja mereka maunya efektifitas kerja dimasalah waktu. Pokoknya selama daun masih hijau, kita harus terus bekerja. Hehe....maklum...maklum....

Sekarang bagaimana halnya dengan boss Si C. Bossnya berasal dari negara barat (koloni barat sih sebenarnya) yang cukup besar, hehehe...dan di negara tersebut bidang industri yang digelutinya sudah sedemikian maju. Kan ya wajar saja waktu dia pindah ke indonesia dia mengaplikasikan ilmunya dan membuat perusahaannya maju juga. karakter orang barat juga terbuka dan lebih objektif, kalau kita salah dia pasti akan memarahi kita, tapi kalau kita berprestasipun mereka tidak akan segan memberi reward. karena memang begitu budaya kerja di negara asalnya, hingga terbawa juga ke Indonesia.

Mari kita bahas boss Si D, boss ini sih sudah terkenal dengan naluri bisnisnya, terbukti nih taipan2 di Indonesia kebanyakan berasal dari negara tersebut. Karena lahir dan besar di Indonesia tapi punya kewarganegaraan ganda hingga sering pulang ke negeri leluhurnya, akhirnya boss2 ini mempunyai kombinasi yang cukup manjur membuat perusahaannya maju tanpa banyak konflik. Malah cenderungnya mereka berani mengambil resiko dan sangat percaya pada anak buahnya.

Nah bagaimana yah dengan boss2 dari Indonesia? Menurut saya sih karena budaya KKN yang masih begitu lekat, sangat wajar sekali jika salah satu teman kita karirnya melesat jauh, karena satu dan lain hal..hehehe...jangan terus iri. hal ini harusnya menjadi pemicu semangat kita, wong temen kita aja bisa, kita juga pasti bisa donk. Tapi jangan KKN lho ya, biarlah dosa KKN itu buat mereka aja.

Bagaimana dengan karakter boss yang lainnya? Wah...jadi bingung nih...enaknya kerja dengan boss yang mana?

Jadi.....
Sebenarnya sih kalau kita melamar kerja, kita harus siap dengan segala konsekuensinya. Termasuk dengan perilaku boss apalagi kalo di perusahaan multinasional dengan boss yang bule2 itu..
Sebagai karyawan pilihan kita cuma 2: beradaptasi atau melawan.
Tapi bagaimana dengan sudut pandangan boss dalam menghadapi karyawan bule seperti kita (hehe...kan bossnya jadi dianggap lokal)??
Apapun itu semoga nggak bersifat rasis...
Please say no to racism if you are the boss...just be professional.

Casual Elegant Chic (CEC)

post



Eh..aku punya gambar desain baju nih...heee....sebenarnya aku buat karena pengen punya yang seperti itu. Cuma belum ada yang mau menjahitkannya buat aku. Aku sih menyebutnya CEC design hehehe...kepanjangan Casual Elegant Chic...jadi jangan salah yah..soalnya biasanya istilah CEC untuk Cation Exchange Capacity...hihihi.....
Dont miss it...dont miss it...
Ada ga yah yang mau menjahitkannya satu buat aku...(sambil matanya berbinar2 kaya di film kartun).

Ni sebenarnya harusnya sih modelnya terusan gitu, cuma di tambah cardigan di luarnya jadi bukan blazer karena semua bahannya bahan kaos jadi nyaman di pakainya...inspirasinya datang waktu lagi lihat film korea..hihihi...



Nah kalo desain yang ini bahannya pake kain batik, jadi sebenarnya nuansa warnanya lebih ke batik Solo sih (coklat kemerahan/sogan). Disampingnya ada tambahan saku. By the way ini juga terusan lho. tapi tampaknya bisa juga dibuat terpisah atasan dan bawahan.


Aku menyebutnya tuxedo like gown...kenapa yah, mungkin karena inspirasinya dari bentuk tuxedo..hahaha..jangan bertanya bagian mananya yah..saya juga bingung..tapi suka aja menyebutnya gitu...chic.

Nah kalau yang ini bahannya kaos juga. Aku suka detail mirip kemejanya, ditambah obi..hihihi....jadi elegan deh. Buat santai, buat jalan..asik nih..


Hohoho...kalau yang ini nih inspirasi model kebaya aku, bisa juga sih dijadiin gaun pesta. Detail obi dipinggangnya aku suka.

Jadi...jadi....siapa yah yang mau membuatkannya untuk saya??

New Blog Name

post



Nama blognya barusan diganti jadi anitamarindra, sama dengan urlnya..maksudnya sih biar lebih unik aja.

So, jangan bingung yah...

Pusat Grosir Solo

post



Setelah lelah mengelilingi kampung batik, dan masih belum menemukan batik idaman, akhirnya pilihan jatuh ke Pusat Grosir Solo. Sebuah pusat perdagangan batik yang cukup terkenal. Lokasinya berada tepat di ujung jalan Slamet Riyadi, dekat tempat pak Slamet..hehe....maksudnya patung Slamet Riyadi.

Banyak koleksi gaun dan kemeja batik, harganya cukup murah, untuk gaun berlengan pendek Rp.45000–60000 sedangkan untuk yang lengan panjang biasanya lebih mahal. Tapi semahal apapun masih tidak terlalu mahal, soalnya pas di kampung batik pernah nemuin kemeja batik yang harganya super duper mahal. Model gaun yang ditawarkan bagus2 dan banyak pilihan jenis dan warna. Suasananya juga oke, tidak seperti pasar klewer yang penuh sesak. Di sini suasananya lebih teratur karena telah ditata secara modern, sehingga membuat suasana belanja menjadi nyaman. Berhubung lagi tergila2 sama batik tapi budget terbatas, maka belanja di tempat ini menjadi solusi terbaik. Jangan lupa belanja batik di Pusat Grosir Solo ya kalo berkunjung ke Solo. Solo is my second home. Love it...apalagi nasi liwetnya...hmmmm....nyammmieeee....

Kampung Batik Lawean

post



Jadi ingat, beberapa waktu yang lalu pernah liburan ke Solo bersama tunangan. Disana kami sempat jalan2 ke kampung batik di daerah Lawean Solo. Daerah ini memang terkenal dengan industri batik rumahan. Lingkungan ini banyak didominasi dengan rumah2 tua, mungkin seperti di daerah Bantul sebelum gempa, sehingga suasana romantisme segera terasa. Kata teman sih serasa di Venesia. Ada2 aja memang. Tapi memang suasananya seperti di kota tua, eh....kampung kuno...

Setelah menelusuri lorong gang yang bersih, kutemukan beberapa rumah yang menawarkan koleksi batik. Kirain kalau datang langsung ke pengrajin akan mendapatkan harga yang jauh lebih murah daripada di toko. Tapi sayang beberapa koleksi yang ada belum cocok dihati. Bahkan harganya cenderung lebih mahal. Padahal kata tunanganku dia pernah melihat ada batik sarimbit bagus yang harganya lumayan murah. Pas dicari kok nggak ketemu yah? Mungkin belum beruntung aja. Tapi lumayanlah, setidaknya bisa merasakan suasana seperti di Venesia sana..Lokasi ini kayanya cocok juga untuk lokasi foto pre wedding...siapa berminat?

Nuansa Cinta Jogja

post



Tidak ada tempat senyaman rumah sendiri. Tapi menurutku tidak ada tempat senyaman Jogjaku tercinta. Sebuah kota yang mulai berkembang menjadi metropolitan yang membawa banyak perubahan. Semakin banyak mal dan tempat hiburan malam. Namun Jogja tetaplah sebuah kota yang ramah dan menyenangkan. Jogja selalu menawarkan nuansa cinta bagi siapapun yang mengunjunginya. 

Bahkan pada mantan Bossku yang dari Thailand itu. Buktinya waktu dia ke Jogja dia menyempatkan diri untuk menghubungiku, hanya untuk menanyakan kabarku. Padahal selama kerja adanya dia hubungin aku kalo masalah kerjaan aja. Sawade krab khun...

Ternyata suasana Jogja membuat semua orang bernostalgia. 

Di Jogja pula ku temukan belahan jiwaku, dia dan aku....banyak kisah kita di seantero Jogja. Membuatku ingin kembali dan kembali lagi ke sana. Dimanapun aku berada, Jogja...you always be in my heart, Lup yu Jogjakarta.

Earth-The Totally Blue Planet

post



Semalam abis lihat film water world lagi. Udah sering nonton sih, tapi baru kali ini timbul pertanyaan dalam diriku. Mungkinkan kita mengalaminya?

Bumi ini 73% tersusun oleh air yang berarti sisanya adalah daratan. Penambahan air hanya mungkin terjadi jika es dibagian kutub mencair. Tapi mungkinkah jika seluruh es di kutub mencair akan cukup untuk menenggelamkan seluruh daratan? Bukankah itu pernah terjadi 11 ribu tahun yang lalu. Saat masa glasiasi terakhir berlangsung dan menenggelamkan paparan sunda. Apakah isu global warming ini hanyalah puncak dari semuanya? Mungkinkah bumi benar2 menjadi suatu water world dan bumi akan benar2 menjadi sebuah planet yang seluruhnya biru. Yah, bumi akan menjadi biru sepenuhnya karena air laut yang menutupinya hanya akan memantulkan warna biru ke angkasa tanpa adanya pantulan warna hijau dari rimbunnya daun di pepohonan. Ataukah kita akan mengalami zaman es lagi jika pemanasan global ini berakhir? Karena iklim bumi hanya sebuah siklus yang berputar dari panas ke dingin dan sebaliknya.



Go Green..!! ^_^

Just Another Me

post



Yang ingin dibicarakan di sini bukan mengenai sisi lain hidupku. Namun beberapa pengalaman tentang kesamaan. 

Apalah arti sebuah nama? Pernah mendengarnya? Mengapa kita sering menanyakannya? Siapa namamu? Mengapa namamu seperti itu? Apa artinya? 

Untung orang tuaku memberikan nama yang menurutku cukup modern. Aku heran dari mana mereka mendapat inspirasinya. Untung namaku tidak berakhiran dengan –yem..hahaha....dan menurut aku namaku unik dan tak ada duanya, meskipun menurut orang lain beda.

Belum lama ini aku terkejut mendapati ada seseorang yang mempunyai nama sama persis denganku..memang banyak yang mirip sih..tapi baru kali ini aku dapatkan yang sama persis. Yah, sekarang aku bukanlah satu2nya aku. Maksudku ada orang lain yang namanya sama denganku membuatku merasa tidak terlalu unik lagi. Memang namaku sederhana saja, kombinasi dari 2 kata..sebenarnya bisa dipisah menjadi 3 kata sih..tapi 2 kata terakhir memang terangkai bersama. Nama depanku memang banyak yang memiliki, tapi jika di rangkai dengan nama belakangku harusnya jarang ada yang sama karena menurutku nama belakangku sedikit agak tidak biasa..hehehe...buktinya orang2 pasti salah menuliskan nama belakangku dan itu artinya ku anggap kombinasi namaku itu tidak umum. Dan tadinya aku pikir akulah satu2nya orang dengan nama itu. Tapi ternyata tidak. 

Ohhh....tidaaaaakkkkkk..

Tapi masalah kesamaan nama bukanlah satu2nya.
Kemarin aku disapa orang tak dikenal,katanya “Eh...tak kirain kamu si Anu...abis mirip banget..” Apa sih maksudnya? Mungkin kalo kita disamakan dengan tampang saudara sendiri sih masih wajar lah ya. Nah ini bukan...

Yah itu sih berarti ada orang lain yang sama dengan aku, wajahnya mungkin, postur tubuhnya mungkin. Kok bisa sih, padahal orang tua kita kan beda, mengapa aku bisa mirip banget dengannya? Alasan yang paling mungkin adalah karena susunan gen kita sama atau mirip. Kalau ini sih kuasa Tuhan. Ataukah ada dunia paralel yang tanpa disadari ada disekitar kita. Dan mereka hanyalah versi lain dari kita.
So...they must be just another me.

Prewedding Photography

post



Selama pacaran aku dan mas jarang banget meluangkan waktu untuk foto bareng, maksudku foto yang benar2 untuk koleksi. Paling yang kita punya hanya foto2 saat kegiatan kampus yang tidak sengaja bisa foto bersama. Jadi kalau ditanya foto kami berdua..hmmmm....seingatku hanya sekali saja..itupun di photobox dan gayanya aneh banget, bahkan tampangku keliatan aneh hingga aku malas memajangnya. Foto itu akhirnya menjadi penghuni album fotoku saja.

Dulu aku nggak pernah memikirkan masalah foto prewedding, karena didaerahku hal itu jarang dilakukan. Tapi sekarang semua itu tampak perlu dilakukan. Entahlah...mungkin karena aku pengen seperti yang lainnya. Karena semua temanku melakukannya. Jadilah aku mulai merencanakannya.

Sekarang kami harus memikirkan foto pre wedding. Aku sulit membayangkannya. Akan seperti apa yah foto pre wedding kami? Aku takut hasilnya jelek padahal biaya pembuatannya cukup mahal. Ahh...mungkin aku cari paket foto yang murah saja, jadi jika hasilnya tidak sebagus yang diharapkan kami tidak akan terlalu kecewa. Kata masku sih lebih baik dananya dialokasikan untuk foto pas nikahannya aja. Karena yang nantinya dipajang di rumahkan justru foto nikah. Tapi aku pengeeeeeennnnnnn...

Konsep aku sih sebenarnya sederhana..aku ingin foto yang bergaya casual, berhubung agak sulit bagiku jika harus menyediakan busana adat. Jadi mungkin lebih pada konsep foto yang ringan2 saja sehingga kami tidak akan repot dalam menyiapkan busananya. Tapi entahlah nanti...kita lihat saja.

Apel Beracun

post



Aku masih ingat sebuah kisah yang pernah ku baca dahulu saat aku masih kecil. Kisah tetang seorang putri yang tertidur panjang karena memakan sebuah apel yang diberikan oleh seorang penyihir jahat. 

Bisakah kita mengalami hal serupa? Semuanya mungkin terjadi karena sebenarnya didalam sebuah apel selalu ada racun yang bahkan sangat mematikan. Racun itu bernama sianida dan terkandung dalam biji buah apel. Untungnya tidak ada seorangpun yang dengan sengaja memakan buah apel bersama bijinya. Yah, kandungan sianida dalam biji buah apel memang sedikit, namun jika tidak sengaja terkonsumsi dalam jumlah yang banyak maka sudah pasti akan membahayakan. Mungkin yang memakannya akan seperti si putri cantik..tertidur panjang..selama2nya.

Child Begger

post



Sore itu aku baru saja pulang dari sebuah supermarket. Dengan menaiki sebuah angkot berpenumpang jarang, melewati jalan yang lumayan padat oleh para pendatang musiman. Yah, sekarang memang akhir pekan. Sudah biasa ruas jalan ini padat oleh kendaraan dari luar kota. Lagi2 angkot yang kunaiki terpaksa berhenti karena arus kendaraan yang memadat di sekitar lampu merah terakhir menuju rumah. Ini sudah ketiga kalinya angkotku harus kembali menunggu lampu hijau di perempatan itu. Arus yang padat ditambah dengan waktu pergantian lampu lalu lintas yang cepat membuatku kembali tertahan disini. Saat kemudian 2 orang anak perempuan kecil menghampiri angkot dengan sebuah kecrekan dari tutup botol minuman ringan...entah apa mereknya...dan mereka mulai bernyanyi...menurutku nyanyian mereka lebih pada sebuah gumaman saja yang terus menerus mereka gemakan...lagu yang sama...nada sumbang yang sama....entah berapa kali mereka nyanyikan lagu itu hari ini...entah apakah mereka tau syair lagu lainnya...entahlah....
Aku merasa heran...anak2 itu begitu bersih..ayu..sama sekali tidak mirip anak2 jalanan yang cenderung lusuh dan kotor. Cantik yah...bisik seorang penumpang disebelahku.
Mengapa mereka harus turun ke jalan? Darimana sebenarnya asal mereka...seperti apa kondisi keluarga mereka hingga mereka terpaksa turun ke jalan menjadi pengamen..
Sungguh sebuah ironi...ditengah isu perlindungan hak anak..berapa banyak badan yang dibentuk untuk melindungi mereka...entah apapun namanya..mengapa eksploitasi anak ini masih dibiarkan terjadi?
Kemarin sebuah media bahkan memberitakan bahwa hampir 40% anak2 jalanan telah tertular penyakit menular seksual karena pergauan mereka yang bebas. Apakah para orang tua dari pengamen2 kecil ini tidak mengkhawatirkan anak2nya? Bagaiman jika pengamen kecil yang ayu itupun akhirnya terpengaruh pergaulan bebas di jalanan?
Mungkin orang tua mereka harus dihukum untuk semua ini...mungkin semua akan lebih efektif dibandingkan dengan berbagai macam razia yang selama ini dilakukan.
Hukumlah orang tuanya dan mungkin mereka akan jera menyuruh anaknya bekerja...jangan hukum anak2 itu dengan memasukkannya ke panti rehabilitasi...rehabilitasilah orang tuanya...
A child is a gift from god...not to be exploitated but to be care and loved. Their soul are so pure and even angels loves them and take care of them during their childhood. So don’t treat them bad.

Teror di Kantor

post



Pernahkah mengalami ancaman di kantor? Teror di kantor?
Teror umumnya dianggap sebagai suatu perilaku atau perkataan atau suasana yang menyebabkan orang merasa tidak nyaman.
Berbagai macam teror bisa kita alami di kantor yang menyebabkan kinerja menjadi menurun. Misalnya saja teror dari rekan kerja.
Biasanya teror tersebut terjadi karena budaya kerja yang tidak baik, adanya senioritas dan beban kerja yang tidak jelas. Bagaimana relevansinya antara ketiga faktor tersebut?
Suatu perusahaan atau kantor biasanya mempunyai nilai2 dasar yang dianut. Baik bersifat kekeluargaan maupun profesionalisme. Untuk yang bersifat kekeluargaan umumnya mempunyai budaya kerja yang lebih longgar dengan pola hubungan berdasarkan kepercayaan antara satu dengan lainnya. Sehingga bentuk senioritas yang terjadi lebih pada umur dan sifatnya membangun.dengan demikian beban kerja yang diberikan tidak akan dianggap berat. Bentuk teror akan terjadi jika rasa saling percaya mulai luntur yang lambat laun akan menyebabkan kehancuran.
Sedangkan pada perusahaan yang berdasarkan profesionalisme budaya kerjanya lebih pada nilai2 dasar dalam berperilaku. Selalu ada persaingan dan senioritas yang ketat dan bersifat menjatuhkan, kecuali jika keseluruhan komponen benar2 menjalankan nilai2 budaya kerja mereka. Namun kenyataannya pada level menengah ke bawah dalam suatu management kantor selalu ada oknum yang berperilaku menyimpang. Bentuk teror dapat berupa sabotase, ancaman langsung atau bahkan kekerasan. Sikap yang suka mengadu juga merupakan salah satu bentuk teror. Perilaku tersebut dapat dianggap sebagai bentuk pengadudombaan...padahal kita kan manusia bukan hewan.
Semua bentuk teror di kantor hanya akan merongrong kestabilan kinerja kantor itu sendiri. Namun pelakunya sering sulit diberantas dan hasilnya teror pun menjadi bagian dari budaya kerja. Hasilnya beban kerja menjadi salah satu alat untuk meneror dengan embel2 senioritas. Hehehe...personal experience nih.
Jadi apa yang bisa kita lakukan dalam menghadapi teror dari rekan kerja?
Oknum pelaku teror biasanya mempunyai kondisi kejiawaan yang tidak stabil. Mereka sendiri sering merasa terancam dengan kehadiran atau kesuksesan orang lain. Dan umumnya orang tersebut suka menghasut serta suka cari perhatian. Salah satu cara menghadapi orang2 seperti itu adalah dengan menjaga jarak. Jangan sampai kita terlalu dekat hingga nama kita akan sering dikaitkan dengan semua perilakunya yang negatif. Jangan pula terlalu jauh karena justru membuat kita terancam menjadi sasaran terornya selanjutnya.
Saran saya, tetaplah bergaul namun jangan terpengaruh ataupun menuruti keinginannya. Dan berilah pengertian pada orang2 baru mengenai kondisi tersebut. Saya yakin orang2 baru tersebut akan paham dan dapat menentukan sikap.
So...be peacefull in the office....

Kaos Merah VS Priok Membara

post



Tragedi tanjung priok sungguh membuat saya terkejut. Kenapa masih saja terjadi kerusuhan dan anarkisme? Tidak penting lagi siapa yang salah dan benar karena semua itu sangat relatif. Kebenaran bagi salah satu pihak pasti dianggap salah dipihak lain dalam suatu perselisihan. Pertanyaan saya justru apa alasannya hingga massa yang begitu banyak tergerak untuk melawan satpol pp yang menyebabkan satpol pp harus bertindak represif? Mengapa tidak ada negosiasi lebih dulu? Semua terasa janggal di mata saya yang awam.
Tragedi priok membara sedikit mirip dengan konflik di Thailand dengan gerakan massa berkaos merahnya. Namun apa yang mereka perjuangkan sungguh sangat berbeda meskipun keduanya terjadi hampir bersamaan dan menyebabkan banyak korban. Di satu sisi konflik di Thailand lebih pada perjuangan untuk meraih idealisme mereka dalam berpolitik, hal ini jauh lebih saya hargai daripada apa yang terjadi di negeri ini. Hanya untuk sebuah makam yang bahkan keberadaannya pun masih diragukan. Jika hanya ziarah kubur, bukankah bisa dilakukan dimana saja jika memang makam tersebut dipindahkan. Untuk apa kita menghamba pada bangunan makam. Bukankah jiwa pemiliknya sudah jauh berada di alam ruh, di sisi Kecintaannya. Dan itu berarti kita bisa berdoa untuk beliau dimanapun kita berada, karena Dia Alloh maha mengetahui. Sungguh suatu pengorbanan yang sia-sia. Untuk apa sebenarnya semua pertikaian itu? Ataukah untuk sebidang tanah? Jika benar untuk tanah tersebut maka sudah jelas siapa sebenarnya yang menggerakan massa. Sangat disayangkan, nyawa2 dikorbankan hanya untuk kepentingan duniawi yang tidak membawa berkah bagi umat.
Bagaimanapun masih lebih bermakna apa yang diperjuangkan massa kaos merah nun di Thailand sana dibanding apa yang diperjuangkan massa priok membara.

Biology Lesson

post



Gen merupakan faktor yang paling berpengaruh tehadap sifat yang diturunkan oleh orang tua dan bertanggung jawab juga pada beberapa penyakit menurun yang terkait kromosom.


Penyakit akibat gen terangkai kromosom X:


Apabila seorang pria menderita kelainan terkait kromosom X, maka kelainan itu tidak akan diturunkan kepada anak laki-lakinya (kecuali bila istrinya juga penderita atau carrier kelainan tersebut) dan hanya akan diturunkan kepada anak perempuannya.

Apabila seorang wanita menderita kelainan terkait kromosom X, maka kelainan itu akan diturunkan kepada semua anaknya baik laki-laki maupun perempuan. Anak laki-laki akan langsung memanifestasikan kelainan tersebut, sementara anak perempuan akan menjadi carrier (kecuali bila suaminya juga menderita kelainan tersebut).

Apabila seorang wanita adalah carrier suatu kelainan terkait kromosom X, maka kemungkinan anak laki-lakinya untuk menderita kelainan tersebut sebesar lima puluh persen, sedangkan setengah anak perempuannya akan normal dan setengahnya lagi carrier (kecuali bila suaminya juga menderita kelainan tersebut).


Contoh penyakit akibat gen terkait kromosom X:


Hemofilia

Hemofilia merupakan penyakit keturunan di mana darah seseorang sukar membeku apabila terjadi luka. Penyakit ini akan termanifestasikan dalam fenotipe apabila kromosom X terangkai h (resesif).


Anodontia

Anodontia merupakan kelainan di mana penderitanya tidak memiliki benih gigi dalam tulang rahangnya, sehingga gigi tidak dapat tumbuh seterusnya. Selain itu, penyakit ini ditandai dengan rambut jarang dan susah berkeringat karena berkurangnya kelenjar keringat. Sama seperti hemofilia, penyakit ini disebabkan gen resesif terpaut pada kromosom X.


Buta warna

Buta warna merupakan kelainan di mana penderitanya tidak dapat menangkap seluruh spektrum warna secara utuh. Terkait dengan keadaan ini maka kelainan terjadi di sel kerucut (cone) yang peka terhadap spektrum warna. Kelainan ini disebabkan oleh gen resesif terpaut kromosom X. Sama seperti penyakit yang disebabkan oleh gen resesif terpaut kromosm X lainnya, maka penyakit ini lebih mudah menimpa laki-laki yang hanya memiliki satu kromosom X daripada wanita yang memiliki dua kromosom X. Apabila hanya satu saja kromosom X pada wanita yang terpaut gen resesif ini, maka wanita tersebut bersifat carrier, yang dapat mewariskan gen tersebut pada keturunan berikutnya.


Masih banyak jenis penyakit lain yang terkait kromosom X. Contoh diatas hanya penyakit yang paling umum ditemui saja.


Contoh penyakit akibat gen terkait kromosom Y:


Nah ini...sampai sekarang belum dapat referensi mengenai penyakitnya..jangan2 nggak ada yah..tapi nggak ada yang nggak mungkin di dunia ini.


Let see....

Japan Scholarship

post



Ceritanya nih, dari SMA udah terobsesi pengen ke Jepang...
Tapi kok sampai sekarang belum kesampaian yah?

Seleksi pertukaran pelajar ke Jepang...dah pernah...but failed

Les bahasa Jepang...dah lulus level 1..hehehe...
Tapi sertifikat ga sempat ngambil gara2 keburu berangkat ke Jakarta...hiks....
Tar mau deh kursus lagi kalau ada kesempatan.

Nah...sekarang saatnya berburu beasiswa S2 disana...
Yuhuiiiii...

Katanya sih mulai sekarang harus mulai cari link di sana..
Link?? Siapa yah??
Ow ada temen aku dulu, mahasiswa S2 (waktu itu) dari Kamboja, sohiban juga sih abis orangnya baik..hehehe...namanya Bun Chouen, sekarang lagi Doctoral program di sana.
Eh ada lagi, dulu dosen aku waktu kuliah S1...sekarang beliaunya sedang stay di jepang entah untuk urusan apa...namanya pak Agung.
Ada juga temen SMA aku, yang dulu saingan beratku waktu seleksi pertukaran pelajar ke Jepang..namanya Isti..god..she always be my rivals...mulai dari SMP tiap lomba pasti ketemu dia. But glad she is such a nice friend. Sekarang dia balik lagi ke Jepang...entah ngapain.
Ow ow...ada juga profesor dari Kyushu Univ. yang dulu aku sempat survey lapangan bareng...pak Prof.Yoneda...hopefully you still remind me..
Duh duh...cuma belum dapet referensi yang cukup nih kayanya...
Need more...need more.

New Blogger Just Came Confuse

post



Updated post editor: remove image border ~ Blogger Tips and Tricks

Masih bingung nie...gara2 ganti template jd ngga bisa attach gambar di postingan aku..
Huuu huuuu....wanna cry...Somebody....help me...

Catering dan Bahan Gaun Pengantin

post



Aku barusan browsing dan mendapat beberapa referensi di daerah Solo dan Jogja. Sepertinya vendor ini lumayan bagus.

Catering

Asia Catering Service

KANTOR PUSAT :
Terban GK V / 32 RT / RW 01 Yogyakarta
Contact Person: Pri Agus | Telpon : 0274 – 781 2304, 0274 – 701 3016, 081 5792 4481

KANTOR CABANG:
Jl. Monjali Gg. Temulawak (Timur RS. Sakinah Idaman) Yogyakarta
Cacaban, Magelang

Selain melayani catering prasmanan, vendor ini juga melayani paket pernikahan.
So check this out.
http://aisacatering.com/daftar-menu-harga/prasmanan
http://aisacatering.com/daftar-menu-harga/gubug
Tapi gimana yah...perlu sepertinya sulit karena lokasinya di Solo.

Gedung

Hotel Dana Solo
Jl. Slamet Riyadi 286
Solo 57141
INDONESIA
Phone:(62 271) 711976
Facsmile:(62 271) 713880
E mail :marketing@hoteldanasolo.com

Jika hanya sewa gedungnya saja biayanya sekitar Rp.8.000.000 dana berkapasitas hingga 800 orang. Tapi sementara ini aku juga masih menunggu konfirmasi tentang paket pernikahan disana, yah paling nggak udah ninggal pesan di web nya beliau ini lah.
Mama calon mertua bilang mereka punya paket pernikahan juga yang lumayan lengkap, biayanya sekitar Rp.40.000.000 - 60.000.000, hanya saja aku belum tahu detailnya. Masih dipertimbangkan juga, mau resepsi di masjid aja apa yah?
Check this out.
http://www.hoteldanasolo.com/index.php?mod=facilities#wed

Graha Nikmat Rasa
Jl. Dr. Radjiman 523- Laweyan Solo

Kalau yang ini katanya gedungnya nggak usah bayar, untuk kapasitasnya sekitar 1000 orang.

Menurut info:
Graha Nikmat Rasa ini menyediakan paket pernikahan juga kalau nggak mau repot.
Apalagi tidak dikenakan sewa gedung, karena dianggap sudah membayar paketan atau kalau tidak ingin paketan cukup pesan konsumsi saja juga boleh (minimal untuk 600 orang). Satu paket sudah termasuk Dekor, konsumsi, MC, Hiburan, Rias resepsi dan Ijab, Dokumentasi Foto dan Video. Dekornya Bagus karena dianggapnya etnik tapi tidak terlihat kusam, suasana rumah Jawa gedongan gitu.
Dokumetansi foto bagus gambarnya dengan kualitas A, tapi video shooting nilainya B.

Bahan Gaun Pengantin

PUTRASEMERU
Beteng Trade Center
Lantai Dasar, Blok H14
Surakarta (57100)
Jawa Tengah
INDONESIA
Tlp. 081548500271

Kemarin sudah sempat lihat beberapa koleksinya yang di website sih, mari kita buktikan di lapangan. lagian Ibu aku memang kalau bantuin saudara cari bahan kebaya hobbynya ya di sini ni..hehehe...pasti ibu excited banget nih di ajak shopping ke Beteng Trade Center.
Btw ni mananya PGS yak?? Sering sih ke Solo tapi nggak tahu. Hyaaakkkssss....
Check this out.
http://putrasemeru.com

Huhuy...
Saudara2...doakan saya yah...misi saya akan segera dimulai.

Bayar Zakat Yuk Biar Rezekinya Makin Bertambah

post



Zakat merupakan kewajiban umat islam untuk mensucikan hartanya. Tapi massih banyak orang yang tidak berzakat, salah satunya karena faktor ketidak-tahuan. Mungkin kita belum bisa memenuhinya 100%, tapi ga da salahnya belajar sedikit demi sedikit. Zakat tidak mengurangi harta kita, dengan berzakat justru kita akan mendapat tambahan rezeki yang tidak pernah kita duga. Nggak ada kok orang yang tiba2 jatuh miskin karena berzakat..hehe...paling tidak setahu saya sih gitu..
Monggo....

“Ambilah zakat dari sebagian hartanya, yang dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka…….”
( QS. At-Taubah: 103)

Zakat Profesi/ Pendapatan
Ketentuan
1. Mencapai Nishab 520 Kg (makanan pokok)
2. Besar Zakat 2,5 %
3. Perhitungan zakat propesi:
a. Menghitung dari pendapatan kotor (brutto)
Pendapatan total x 2,5%
b. Menghitung dari pendapatan bersih netto)
Pendapatan total x pengeluaran perbulan x 2,5%
Pengeluaran per bulan adalah pengeluaran kebutuhan primer (pangan, sandang, papan).
Menurut Yusuf Qordhowi (Fiqh Zakat), samgat dianjurkan untuk menghitung zakat dari pendapatan kotor (brutto), untuk lebih menjaga kehati-hatian.
Contoh perhitungan :
Nishab: 520 Kg beras, jika asumsi harga beras Rp. 3000/Kg,
Jumlah Pendapatan perbulan Rp. 2.000.000,-
Zakat atas pendapatan (karena telah mencapai nishab)
2,5 % x Rp. 2.000.000,- = Rp. 50.000,-perbulan

Zakat simpanan (tabungan /deposito)
Ketentuan :
1. Mencapai nishab, setara dengan 85 gram emas
2. Mencapai haul
3. Besar Zakat
4. Cara menghitung zakat tabungan / deposito
(Saldo Akhir-Bagi Hasil/ Bunga)x 2,5%

Zakat Emas
Ketentuan :
1. Mencapai Haul
2. Mencapai nishab,85 gram emas murni
3. Besar zakat 2,5%
4. Perhitungan zakat emas
a. Cara hitung jika emas tidak dipakai atau yang dipakainya hanya setahun sekali :
Emas yang dimiliki x harga emas x 2,5%.
b. Cara hitung emas dipakai : Emas yang dimiliki emas yang dipakai x harga emas
X 2,5%

Zakat Hadiah / kuis berhadiah
Ketentuan :
1. Hadiah/Kuis yang tidak mengandung unsur judi
2. Karena di identikan dengan harta temuan (rikaz) maka besar zakat 20 %

Zakat Perdagangan
Ketentuan :
1. Telah mencapai haul
2. Mencapai nishab 85 gram emas
3. Besar Zakat 2,5%
4. Perhitungan zakat Perdagangan
[(modal yang diputar + keuntungan + piutang yang dapat dicairkan)-(hutang –
kerugian)] x 2,5%

Zakat Investasi
Zakat Investasi adalah zakat yang dikeluarkan terhadap harta yang diperoleh dari hasil investasi. Misalnya ; rumah, gedung atau kendaran yang direntalkan.
Ketentuan :
1. Zakat inventasi adalah penghasilan dari hasil yang di investasikan, tidak termasuk modal.
2. Mencapai nishab setara dengan 85grm emas murni atau 520 Kg makanan pokok.
3. Besar zakat 5% jika belum biaya oprasional (bruto).
4. Besar zakat 10% jika dihitung dfari netto.

Zakat Pertanian
Ketentuan:
1. Mencapai nishab 520 Kg jika yang dihasilkan adalah makanan pokok
2. Jika selain makanan pokok, maka nishabnya disamakan dengan makanan pokok paling umum.
3. Besar zakat jika diairi dengan air hujan, sungai, atau mata air, zakatnya 10%.
4. Jika di airi dengan cara disiram atau irigasi maka zakatnya 5%.

Zakat ternak
Ketentuan:
(1) Sampai Haul (2) Mencapai nishab (3) Digembalakan dan mendapat makanan di lapangan tempat terbuka (4) Tidak diperkerjakan (5) Tidak boleh memberikan ternak yang cacat, tua, dan ompong (6) Pembiayaan untuk operasional ternak dapat mengurangi dan menggugurkan zakat ternak.

Zakat Fitrah
Ketentuan:
1. Besarnya zakat fitrah adalah 2,5Kg (makanan pokok/beras)
2. Orang yang wajib membayar zakat fitrah : semua muslim
3. Waktu mengeluarkan zakat fitrah: boleh diberikan awal Bulan Ramadhan tetapi wajibnya zakat fitrah diberikan menjelang ahalat Idul Fitri atau tenggelamnya matahari di akhir bulan Ramadhan.

Fidyah
Fidyah dibayarkan bagi orang yang berhalangan (Udzur) yang dibolehkan secara syar’i (sakit, sudah sepuh). Pembayaran Fidyah sesuai dengan jumlah hari tidak puasa dikalikan dengan biaya makan sehari-hari.*

Seserahan

post



Wah, bingung juga nih mikirin masalaha seserahan.
Yang pasti itu kan nanti diberikan ke mempelai wanita, jadi sebisa mungkin yah barang2nya yang biasa dipakai oleh mempelai wanita. Tapi apa aja sih macamnya yang harus disiapkan?

Untuk adat Jawa, seserahan yang wajib adalah pakaian untuk wanita dari atas sampai bawah. Singkatnya sih macam kebaya (bahan kebaya) dan kain jarit bawahannya.

Berikut adalah tips-tips dalam menyiapkan seserahan :

1. Sebaiknya dibuat daftar-daftar barang yang akan dibeli. Selain baik untuk proyeksi budget, bagus juga untuk menentukan kapan sebaiknya mulai membeli barang-barang tersebut. Bisa disesuaikan dengan musim sale yang ada.
2. Setelah daftar dibuat dan budget ditentukan, sebaiknya barang seserahan dapat mulai dicicil untuk membelinya dari jauh-jauh hari. Selain meringankan secara finansial karena tidak keluar sekali banyak, dapat meringankan beban pikiran juga. Dan memilih bisa lebih rileks dan tidak terburu-buru.. ;)
3. Terutama untuk adat Jawa : Seserahan baiknya dalam jumlah ganjil sebesar 3,5,7,..13..25..39.. Terserah saja yang penting ganjil.
4. Hantaran balasan dari pihak perempuan ke pihak laki tidak boleh lebih banyak dari seserahan pihak laki-laki ke perempuan. Dalam kasus saya sih, karena masih Jawa banget, jadi cuman kasih kancing gelung, kue serta buah ke mas. :P
5. Sebaiknya membeli barang-barang seserahan bersama-sama dengan mempelai wanita . Kalau ibu mempelai pria ingin ikut serta membelikan tetap harus disertai dengan kehadiran mempelai wanita. Kenapa begitu ? Well, kan seserahan itu kan ujung-ujungnya buat mempelai wanita. Jadi harus sesuai dengan selera mempelai wanita. Kalau disesuaikan dengan selera ibu mempelai pria takutnya tidak sesuai selera nya. Yaah beda jama, beda generasi , pasti beda selera lah yaaa.. :)
6. Beli kotak / wadah hantaran sesuai dengan selera kita. Tidak perlu mahal yang penting cukup menempati barang-barang seserahan yang ada. Tidak terlihat/ tampak sumpek ketika kita menempatkan barang-barang seserahan tersebut pada kotak.
7. Jika ingin menggunakan jasa hias seserahan minimal 2 minggu sebelum hari H harus menyerahkan ke tempat hias seserahan. Supaya tidak terburu-buru pengerjaannya dan hasil maksimal.

Naah itu tadi tips-tipsnya. Pertanyaan selanjutnya, biasanya apa saja sih isi seserahan ? Oke ini aku kasih gambaran besarnya yaah :

1. Pakaian : Kebaya dan Kain/ Baju Kerja / Baju Pesta
2. Alat-alat perawatan tubuh : Body Lotion, Sabun, Shampoo, Body Splash
3. Make Up : Pelembab, Foundation, Bedak, Lipstik, Blush on, Eye Shadow, Eye Brow, Eye Liner, Maskara
4. Sepatu/Selop
5. Tas
6. Pakaian dalam / Baju Tidur / Lingerie
7. Perhiasan/Jam Tangan
8. Parfum
9. Makanan dan buah

Untuk makanan bisa berupa kue-kue kering, atau lebih baik lagi seperti jadah, jenang, wajik yang lengket-lengket gitu deh. Kata orang Jawa sih biar selalu lengket dengan pasangan. Hihihi..

Terus untuk buah, ada 2 buah jeruk gulung sebagai lambang telah gemulung (bertekad bulat). Pisang ayu sebagai lambang sedyo rahayu (sejahtera).

Anggaran Pernikahan

post



Pembagian tanggung jawab dalam mempersiapkan suatu pesta pernikahan harus melibatkan kedua belah pihak keluarga. Kecuali jika salah satu keluarga bersedia menanggung keseluruhan biaya pernikahan tersebut. Namun biasanya kedua keluarga ingin mempunyai peran baik dalam bentuk dana maupun barang. Berikut ini salah satu contoh pembagian tanggung jawab dalam mempersiapkan pesta pernikahan.

Mempelai Wanita
- Cincin kawin mempelai pria
- Bingkisan khusus untuk mempelai pria
- Bingkisan khusus untuk pengiring wanita
- Akomodasi dan bingkisan untuk partisipan luar kota

Keluarga Mempelai Wanita
- Pesta pertunangan
- Undangan dan biaya pengirimannya
- Bingkisan khusus untuk kedua mempelai
- Gaun pengantin wanita dan perlengkapannya
- Bunga tangan untuk pengiring wanita
- Kebutuhan upacara dan resepsi perkawinan, diantaranya gedung, katering, kue pengantin, bunga, dekorasi, musik, dll.
- Fotografi dan videografi
- Kebutuhan transportasi selama pesta perkawinan
- Pakaian dan perlengkapan masing-masing (pribadi)

Mempelai Pria
- Cincin pertunangan dan kawin mempelai wanita
- Bingkisan khusus untuk mempelai wanita
- Bingkisan khusus untuk pendamping pria dan wanita
- Pakaian pengantin pria dan perlengkapannya
- Biaya surat nikah dan penghulu/pendeta
- Keperluan bunga, diantaranya bunga tangan dan korsase mempelai wanita dan orangtua perempuan, serta bunga untuk nenek. Bunga jas untuk partisipan pria.
- Perlengkapan pakaian pengiring mempelai pria (misalnya, sarung tangan, dasi, bunga jas, dll)
- Bulan madu

Keluarga Mempelai Pria
- Pakaian dan perlengkapan masing-masing (pribadi)
- Akomodasi untuk pengiring pria
- Bingkisan khusus untuk kedua mempelai
- Mobil pengantin

Partisipan
- Pakaian dan aksesoris masing-masing (pribadi)
- Transportasi bagi yang berasal dari luar daerah
- Bingkisan khusus untuk kedua mempelai
- Akomodasi bagi yang berasal dari luar daerah (jika tidak disediakan oleh keluarga mempelai wanita)

Prosesi Perkawinan Adat Jogja

post



Nontoni
Nontoni adalah upacara untuk melihat calon pasangan yang akan dikawininya. Dimasa lalu orang yang akan nikah belum tentu kenal terhadap orang yang akan dinikahinya, bahkan terkadang belum pernah melihatnya, meskipun ada kemungkinan juga mereka sudah tahu dan mengenal atau pernah melihatnya. Agar ada gambaran siapa jodohnya nanti maka diadakan tata cara nontoni. Biasanya tata cara ini diprakarsai pihak pria. Setelah orang tua si perjaka yang akan diperjodohkan telah mengirimkan penyelidikannya tentang keadaan si gadis yang akan diambil menantu. Penyelidikan itu dinamakan dom sumuruping banyu atau penyelidikan secara rahasia.

Setelah hasil nontoni ini memuaskan, dan si perjaka sanggup menerima pilihan orang tuanya, maka diadakan musyawarah diantara orang tua / pinisepuh si perjaka untuk menentukan tata cara lamaran.

Lamaran Melamar artinya meminang, karena pada zaman dulu diantara pria dan wanita yang akan menikah terkadang masih belum saling mengenal, jadi hal ini orang tualah yang mencarikan jodoh dengan cara menanyakan kepada seseorang apakah puterinya sudah atau belum mempunyai calon suami. Dari sini bisa dirembug hari baik untuk menerima lamaran atas persetujuan bersama.

Upacara Lamaran
Pada hari yang telah ditetapkan, datanglah utusan dari calon besan yaitu orang tua calon pengantin pria dengan membawa oleh-oleh. Pada zaman dulu yang lazim disebut jodang ( tempat makanan dan lain sebagainya ) yang dipikul oleh empat orang pria. Makanan tersebut biasanya terbuat dari beras ketan antara lain : jadah, wajik, rengginan dan sebagainya. Menurut naluri makanan tersebut mengandung makna sebagaimana sifat dari bahan baku ketan yang banyak glutennya sehingga lengket dan diharapkan kelak kedua pengantin dan antar besan tetap lengket (pliket,Jawa). 

Setelah lamaran diterima kemudian kedua belah pihak merundingkan hari baik untuk melaksanakan upacara
peningsetan. Banyak keluarga Jawa masih melestarikan sistem pemilihan hari pasaran pancawara dalam menentukan hari baik untuk upacara peningsetan dan hari ijab pernikahan.Peningsetan Kata peningsetan adalah dari kata dasar singset (Jawa) yang berarti ikat, peningsetan jadi berarti pengikat.

Peningsetan adalah suatu upacara penyerahan sesuatu sebagai pengikat dari orang tua pihak pengantin pria kepada pihak calon pengantin putri. Menurut tradisi peningset terdiri dari : Kain batik, bahan kebaya, semekan, perhiasan emas, uang yang lazim disebut tukon (imbalan) disesuaikan kemampuan ekonominya, jodang yang berisi: jadah, wajik, rengginan, gula, teh, pisang raja satu tangkep, lauk pauk dan satu jenjang kelapa yang dipikul tersendiri, satu jodoh ayam hidup. Untuk menyambut kedatangan ini diiringi dengan gending Nala Ganjur .

Biasanya penentuan hari baik pernikahan ditentukan bersama antara kedua pihak setelah upacara peningsetan.

Upacara Tarub
Tarub adalah hiasan janur kuning (daun kelapa yang masih muda) yang dipasang tepi tratag yang terbuat dari bleketepe (anyaman daun kelapa yang hijau).

Bleketepe merupakan suatu tradisi membuat atau anyaman dedaunan kelapa untuk dijadikan atap atau peneduh resepsi manten, tatacara ini mengambil ajaran dari Ki Ageng Tarub, salah satu leluhur raja mataram. Saat mempunyai hajat menikahkan anaknya dewi Nawangsih dengan Raden Bondan Kejawan, KiAgeng membuat anyaman peneduh dari anyaman daun kelapa karena rumah ki Ageng kecil dan tidak dapat memuat banyak tamu sehingga Ki Ageng membuat payon dari daun kelapa. Dengan diberi payon ruang itu dapat dipergunakan para tamu dan menjadi luas dan dapat dipergunakan untuk menjamu tamu yang hadir. Kemudian payon dari daun kelapa tersebut disebut Tarub berasal dari orang yang pertama yang membuatnya.
 

Pemasangan tarub biasanya dipasang saat bersamaan dengan memandikan calon pengantin (siraman, Jawa) yaitu satu hari sebelum pernikahan itu dilaksanakan. Tata cara memasang tarub adalah, bapak naik tangga sedangkan ibu memegangi tangga sambil membantu memberikan bleketepe(anyaman dari daun kelapa).

Untuk perlengkapan tarub selain janur kuning masih ada lagi antara lain yang disebut dengan tuwuhan. Adapun macamnya :
    * Dua batang pohon pisang raja yang buahnya tua/matang.
    * Dua janjang kelapa gading (cengkir gading, Jawa)
    * Dua untai padi yang sudah tua.
    * Dua batang pohon tebu wulung (tebu hitam) yang lurus.
    * Daun beringin secukupnya.
    * Daun dadap srep.

Tuwuhan dan gegodongan ini dipasang di kiri pintu gerbang satu unit dan dikanan pintu gerbang satu unit (bila selesai pisang dan kelapa bisa diperebutkan pada anak-anak). Tuwuhan mengandung arti , Suatu harapan kepada anak yang dinikahkan dapat memperoleh keturunan, untuk melangsungkan sejarah dari keluarganya.
Isi tuwuhan terdiri dari :

1. Pohon pisang raja yang buahnya sudah masak
Maksudnya dipilih yang sudah masak adalah diharapkan pasangan yang akan menikah telah memiliki pemikiran dewasa atau telah masak.  Sedangkan pisang raja mempunyai pengharapan agar pasangan yang akan dinikahkan kelak mempunyai kemakmuran, kemuliaan dan kehormatan seperti raja.
2. Tebu wulung
Tebu wulung berwarna merah tua sebagai gambaran tuk-ing memanis atau sumber rasa manis. Hal ini melambangkan kehidupan yang serba enak.sedangkan makna wulung bagi orang jawa berarti sepuh atau tua. Setelah memasuki jenjang perkawinan diharapkan kedua mempelai mempunyai jiwa yang sepuh yang selalu bertindak dengan kewicaksanaan atau kebijaksanaan.
3.  Cengkir gadhing
Merupakan symbol dari kandungan tempat jabang bayi atau lambing keturunan
4.  Daun Randu dan Pari Sewuli
Randu melambangkan sandang. Sedangkan pari (padi) melambangkan pangan sehingga hal tersebut bermakna agar kedua mempelai selalu tercukupi sandang pangan.
5.  Godhong apa-apa (macam-macam dedaunan)
Seperti daun beringin yang melambangkan pengayoman,rumpu alang-alang dengan harapan terbebas dari halangan. 
 

Selain pemasangan tarub diatas masih delengkapi dengan perlengkapan-perlengkapan sbb. (Ini merupakan petuah dan nasehat yang adi luhung, harapan serta do'a kepada Tuhan Yang Maha Kuasa) yang dilambangkan melalui:

   1. Pisang raja dan pisang pulut yang berjumlah genap.
   2. Jajan pasar
   3. Nasi liwet yang dileri lauk serundeng.
   4. Kopi pahit, teh pahit, dan sebatang rokok.
   5. Roti tawar.
   6. Jadah bakar.
   7. Tempe keripik.
   8. Ketan, kolak, apem.
   9. Tumpeng gundul
  10. Nasi golong sejodo yang diberi lauk.
  11. Jeroan sapi, ento-ento, peyek gereh, gebing
  12. Golong lulut.
  13. Nasi gebuli
  14. Nasi punar
  15. Ayam 1 ekor
  16. Pisang pulut 1 lirang
  17. Pisang raja 1 lirang
  18. Buah-buahan + jajan pasar ditaruh yang tengah-tengahnya diberi tumpeng kecil.
  19. Daun sirih, kapur dan gambir
  20. Kembang telon (melati, kenanga dan kantil)
  21. Jenang merah, jenang putih, jenang baro-baro.
  22. Empon-empon, temulawak, temu giring, dlingo, bengle, kunir, kencur.
  23. Tampah(niru) kecil yang berisi beras 1 takir yang diatasnya 1 butir telor ayam mentah, uang logam, gula merah 1 tangkep, 1 butir kelapa.
  24. Empluk-empluk tanah liat berisi beras, kemiri gepak jendul, kluwak, pengilon, jungkat, suri, lenga sundul langit
  25. Ayam jantan hidup
  26. Tikar
  27. Kendi, damar jlupak (lampu dari tanah liat) dinyalakan
  28. Kepala/daging kerbau dan jeroan komplit
  29. Tempe mentah terbungkus daun dengan tali dari tangkai padi (merang)
  30. Sayur pada mara
  31. Kolak kencana
  32. Nasi gebuli
  33. Pisang emas 1 lirang

Masih ada lagi petuah-petuah dan nasehat-nasehat yang dilambangkan melalui : Tumpeng kecil-kecil merah,
putih,kuning, hitam, hijau, yang dilengkapi dengan buah-buahan, bunga telon, gocok mentah dan uang logam yang diwadahi diatas ancak yang ditaruh di:

   1. Area sumur
   2. Area memasak nasi
   3. Tempat membuat minum
   4. Tarub
   5. Untuk menebus kembarmayang (kaum)
   6. Tempat penyiapan makanan yanh akan dihidangkan.
   7. Jembatan
   8. Prapatan.

Nyantri 
Upacara nyantri adalah menitipkan calon pengantin pria kepada keluarga pengantin putri 1 sampai 2 hari sebelum pernikahan. Calon pengantin pria ini akan ditempat kan dirumah saudara atau tetangga dekat.

Upacara nyantri ini dimaksudkan untuk melancarkan jalannya upacara pernikahan, sehingga saat-saat upacara pernikahan dilangsungkan maka calon pengantin pria sudah siap ditempat sehingga tidak merepotkan pihak keluarga pengantin putri.

Upacara Siraman 
Siraman dari kata dasar siram (Jawa) yang berarti mandi. Yang dimaksud dengan siraman adalah memandikan calon pengantin yang mengandung arti membershkan diri agar menjadi suci dan murni. Bahan-bahan untuk upacara siraman :

    * Kembang setaman secukupnya
    * Lima macam konyoh panca warna (penggosok badan yang terbuat dari beras kencur yang dikasih pewarna)
    * Dua butir kelapa hijau yang tua yang masih ada sabutnya.
    * Kendi atai klenting
    * Tikar ukuran ½ meter persegi
    * Mori putih ½ meter persegi
    * Daun-daun : kluwih, koro, awar-awar, turi, dadap srep, alang-alang
    * Dlingo bengle
    * Lima macam bangun tulak (kain putih yang ditepinnya diwarnai biru)
    * Satu macam yuyu sekandang ( kain lurik tenun berwarna coklat ada garis-garis benang kuning)
    * Satu macam pulo watu (kain lurik berwarna putih lorek hitam), 1 helai letrek (kain kuning), 1 helai jinggo (kain merah).
    * Sampo dari londo merang (air dari merang yang dibakar didalam jembangan dari tanah liat kemudian saat merangnya habis terbakar segera apinya disiram air, air ini dinamakan air londo)
    * Asem, santan kanil, 2meter persegi mori, 1 helai kain nogosari, 1 helai kain grompol, 1 helai kain semen, 1 helai kain sidomukti atau kain sidoasih
    * Sabun dan handuk.
  

Saat akan melaksanakan siraman ada petuah-petuah dan nasehat serta doa-doa dan harapan yang di simbulkan dalam:

    * Tumpeng robyong
    * Tumpeng gundul
    * Nasi asrep-asrepan
    * Jajan pasar, pisang raja 1 sisir, pisang pulut 1 sisir, 7 macam jenang
    * Empluk kecil (wadah dari tanah liat) yang diisi bumbu dapur dan sedikit beras
    * 1 butir telor ayam mentah
    * Juplak diisi minyak kelapa
    * 1 butir kelapa hijau tanpa sabut
    * Gula jawa 1 tangkep
    * 1 ekor ayam jantan

Untuk menjaga kesehatan calon pengantin supaya tidak kedinginan maka ditetapkan tujuh orang yang memandikan, tujuh sama dengan pitu (Jawa) yang berarti pitulung (Jawa) yang berarti pertolongan. Upacara siraman ini diakhiri oleh juru rias (pemaes) dengan memecah kendi dari tanah liat.

Midodareni 
Midodareni berasal dari kata dasar widodari (Jawa) yang berarti bidadari yaitu putri dari sorga yang sangat
cantik dan sangat harum baunya.

Midodareni biasanya dilaksanakan antara jam 18.00 sampai dengan jam 24.00 ini disebut juga sebagai malam midodareni, calon penganten tidak boleh tidur.

Saat akan melaksanakan midodaren ada petuah-petuah dan nasehat serta doa-doa dan harapan yang di simbulkan dalam:

    * Sepasang kembarmayang (dipasang di kamar pengantin)
    * Sepasang klemuk (periuk) yang diisi dengan bumbu pawon, biji-bijian, empon-empon dan dua helai bangun tulak untuk menutup klemuk tadi
    * Sepasang kendi yang diisi air suci yang cucuknya ditutup dengan daun dadap srep (tulang daun/tangkai daun), Mayang jambe (buah pinang), daun sirih yang dihias dengan kapur.
    * Baki yang berisi potongan daun pandan, parutan kencur, laos, jeruk purut, minyak wangi, baki ini ditaruh dibawah tepat tidur supaya ruangan berbau wangi.

Adapun dengan selesainya midodareni saat jam 24.00 calon pengantin dan keluarganya bisa makan hidangan yang terdiri dari :

    * Nasi gurih
    * Sepasang ayam yang dimasak lembaran (ingkung, Jawa)
    * Sambel pecel, sambel pencok, lalapan
    * Krecek
    * Roti tawar, gula jawa
    * Kopi pahit dan teh pahit
    * Rujak degan
    * Dengan lampu juplak minyak kelapa untuk penerangan (jaman dulu)

Upacara Langkahan
Langkahan berasal dari kata dasar langkah (Jawa) yang berarti lompat, upacara langkahan disini dimaksudkan apabila pengantin menikah mendahului kakaknya yang belum nikah , maka sebelum akad nikah dimulai maka calon pengantin diwajibkan minta izin kepada kakak yang dilangkahi.

Upacara Ijab
Ijab atau ijab kabul adalah pengesahan pernihakan sesuai agama pasangan pengantin. Secara tradisi dalam upacara ini keluarga pengantin perempuan menyerahkan / menikahkan anaknya kepada pengantin pria, dan keluarga pengantin pria menerima pengantin wanita dan disertai dengan penyerahan emas kawin bagi pengantin perempuan. 
 

Upacara ijab qobul biasanya dipimpin oleh petugas dari kantor urusan agama sehingga syarat dan rukunnya ijab qobul akan syah menurut syariat agama dan disaksikan oleh pejabat pemerintah atau petugas catatan sipil yang akan mencatat pernikahan mereka di catatan pemerintah.

Upacara Panggih 
Panggih (Jawa) berarti bertemu, setelah upacara akad nikah selesai baru upacara panggih bisa
dilaksanaakan,. Pengantin pria kembali ketempat penantiannya, sedang pengantin putri kembali ke kamar pengantin. Setelah semuanya siap maka upacara panggih dapat segera dimulai. Untuk melengkapi upacara panggih tersebut sesuai dengan busana gaya Yogyakarta dengan iringan gending Jawa:

   1. Gending Bindri untuk mengiringi kedatangan penantin pria
   2. Gending Ladrang Pengantin untuk mengiringi upacara panggih mulai dari balangan (saling melempar) sirih, wijik (pengantin putri mencuci kaki pengantin pria), pecah telor oleh pemaes.
   3. Gending Boyong/Gending Puspowarno untuk mengiringi tampa kaya (kacar-kucur), lambang penyerahan nafkah dahar walimah. Setelah dahar walimah selesai, gending itu bunyinya dilemahkan untuk mengiringi datangnya sang besan dan dilanjutkan upacara sungkeman. Setelah upacara panggih selesai dapat diiringi dengan gending Sriwidodo atau gending Sriwilujeng. Pada waktu kirab diiringi gending : Gatibrongta, atau Gari padasih.
 

Upacara Panggih dalam Perkawinan Adat Jawa  merupakan puncak acara dari serangkaian upacara adat yang mendahuluinya.  Rangkaian acara yang mewarnai upacara panggih meliputi :
  1. Penyerahan sanggan yang lazim disebut tebusan
  2. Keluarnya mempelai dari kamar pengantin yang didahului kembar mayang
  3. Lempar sirih
  4. Wijikan atau memecah telur
  5. Berjalan bergandengan jari kelingking menuju kepelaminan
  6. Kacar-kucur atau tampakaya
  7. Dahar klimah
  8. Penjemputan orangtua mempelai atau besan
  9. Sungkeman

Souvenir Pernikahan Towel Cake & Lilin Hias

post



Souvenir apa yah bagusnya buat acara nikahan? Any idea???
Hehehe..aku sih prefernya ke barang2 yang bisa dipake. Kemaren si mbak aku souvenirnya sendok n garpu. Tapi kayanya kurang mengena di hati calon mertua. Lagian masa sih aku souvenirnya mau samaan ama mbak. Mari kita cari alternatif lainnya.
Pilihanku ada 2, towel cake yang lagi ngetrend atau lilin hias yah?
Aku sih sukanya towel cake, tapi harganya lumayan mahal. Paling murah aku dapat referensinya Rp.2800/pcs. Lumayan sih ga perlu ongkos kirim karena lokasi workshopnya di Jogja. Namanya Medina Souvenir http://medinatowelcake.blogspot.com


Tapi ni penawaran tahun lalu, sekarang aku masih nunggu konfirmasi mengenai pricelist detailnya.
Sebenarnya sih yang aku suka yang model roll cake gitu, tapi ya balik lagi ke masalah budget. Soalnya rencana mau ngadain 2 kali resepsi di Jogja dan di Solo.
Nah, kebetulan ak dapat juga vendor yang beralamat di Solo. Lumayan untuk menghemat ongkos kirimnya. Namanya Alia Souvenir http://aliasouvenir.blogspot.com, dan masih nunggu pricelistnya juga. Abisnya di website cuma dikasih kisaran harganya aja. Jadi aku seleksi aja yang harganya dibawah Rp.5000.



Di Alia Souvenir juga ada lilin hias. Lumayanlah untuk alternatif. Tar untuk acara di Solo pakai souvenir towel cake, trus yang di Jogja bisa pake souvenir lilin hias.


Gimana konco? Any other idea?

Married Wannabe

post



Kemarin akhirnya aku mendapat beberapa referensi untuk kebaya pengantin (married wannabe banget nih udah....>o<). Pas aku liat di wordpressny si teteh satu ini http://ledysimanjuntak.files.wordpress.com..kok jadi pengen..gaunnya simpel tapi tetep elegan. Sayangnya si penjahit berada di pulau sebelah...hiks..hiks...terpaksa cari referensi lainnya. Gaun si teteh aku pake sebagai model aja..

 

Untuk penjahit ada satu referensi yang lumayan dekat rumah (kosan sih sebenarnya he he...), namanya Dago Busana (apa Dago Busana Modern yah...lupa2 lali nih) alamatnya di Jln. Ir. H. Djuanda No.278 Bandung...katanya sih banyak yang cocok. Mari kita buktikan saja.
Kalo untuk bahan kebaya sih rencananya mau hunting di Pasar Baru. Tapi kayanya harus sendirian nih. 
Mudah2an aja tar rapel cepet turun...hiks....

Message in The Bottle

post



Pesan apa yang terkandung dalam sebuah botol??? Pada saat dia masih utuh, maupun pada saat hancur dan yang tertinggal hanyalah kepingan...
Dia hanyalah benda mati, namun percayakah anda masing2 botol punya kisah tersendiri.

ANCIENT BOTTLE 
Bentuk umum botol tertua dibuat dari bahan tanah liat. Botol2 tersebut memberi gambaran mengenai kebiasaan, teknologi dan nilai seni yang dimiliki oleh bangsa tersebut.



Botol gelas tiup buatan tangan pertama dibuat oleh bangsa Mesir dan Romawi. Botol gelas sempat langka setelah runtuhnya Romawi. Seni gelas tiup muncul kembali sekitar tahun 1500 masehi. Gelas menjadi material elit hingga pertengahan abad ke 17 setelah dengan cepat menggantikan botol berbahan tanah liat dan batu. Perancis dan Belanda sukses dalam mengembangkan botol tiup berbentuk bawang yang lebih besar dan lebih durable untuk keperluan botol anggur mereka. Kemampuan ini menyebar ke Inggris. Sekarang pembuat gelas tiup harus menempelkan mulut botol dengan tangan untuk hasil yang lebih baik. Hal ini berarti sebuah alat dan metode baru yang merupakan formula rahasia mereka. Pada abad ke 19 glasshouse beroperasi sendiri2 dan saling menyembunyikan formula rahasia dari teknik yang mereka gunakan. Bagian ini membuat pembuatan botol menjadi suatu tantangan tersendiri. Bisa jadi suatu glasshouse telah mendahului yang lainnya dalam hal teknik pembuatan botol mereka. Kualitas, craftsmanship dan gaya masing2 sangat bervariasi dari masing2 negara dan didominasi oleh Belanda dan Inggris. tetapi Jerman, Perancis, Hongaria dan negara timur serta daerah lain juga sibuk dengan pembuatan botlo mereka sendiri.

HANDMADE BOTTLE
Dahulu botol kebanyakan dibuat secara manual sehingga bentuknya tidak sepenuhnya ideal. Botol2 tersebut dibuat dengan menggunakan pipa tiup.




PACIFIC GLASS
Pada 30 November 1900, terjadi suatu tragedi di pabrik pembuatan botol ini. Sekitar 13 orang meninggal dan 100 lainnya terluka akibat runtuhnya atap pabrik yang dinaiki oleh ratusan penonton sepak bola yang sebagian besar berusia remaja. Mereka yang terjatuh masuk ke dalam lelehan gelas panas dalam tungku yang membara. Kejadian ini dianggap suatu bencana dan menjadi momentum dimulainya risk management.

COCACOLA
Kisah si botol coca cola ini misalnya. Desainnya berubah dari waktu ke waktu seiring dengan perkembangan jaman.


HEINEKEN
Kisah si botol Heineken ini terbilang unik. Dimulai dari kisah banyaknya botol2 terbuang yang kemudian terdampar di pantai2 tanpa dapat dikembalikan ke bottling plant. Botol2 bekas tersebut menjadi sia2 dan tidak mempunyai arti. Kemudian ide itupun muncul untuk membuat desain botol yang dapat didaur ulang menjadi bangunan. Desain botol ini menyerupai batubata dan dapat disusun sedemikian rupa menjadi dinding. Struktur bagian mulut botol dan bagian bawahnya juga saling sesuai sehingga saling mengunci saat disusun. Saat ini botol tersebut sudah tidak diproduksi lagi dan menjadi langka karena banyaknya botol yang hancur. Botol yang masih ada menjadi koleksi para kolektor.



SEA GLASS
Sea glass atau gelas laut yang menyerupai batu permata ini sebenarnya merupakan sisa2 dari pecahan botol yang kemudian terdampar disepanjang pantai.. Nama lainnya adalah beach glass, mermaid's tears, lucky tears, sea gems. Gelas laut ini menjadi indah karena telah mengalami berbagai proses mekanis selama terombang-ambing dilaut.





Kalau yang satu ini tutup botol warna-warni yang unik ^o^ bagus bukan??


Wedding Ring alias Cincin Kawin

post




Saat ini tersedia banyak jenis dan pilihan design cincin kawin, mulai dari yang model klasik hingga unik.
Berikut ini adalah keterangan dari jenis material yang biasa digunakan :




1. Cincin Kawin Klasik
Cincin kawin ini biasanya berbentuk solid tanpa banyak ornamen.


2. Cincin Kawin Finger Print
Cincin kawin ini cukup unik karena menambahkan ornamen berupa sidik jari. Cincin ini berbahan perak dan dengan kisaran harga $150.

3. Cincin Kawin  Emas Putih


4. Cincin Kawin Palladium 
Cincin ini berbahan palladium. Palladium termasuk dalam kelompok logam platina namun mempunyai titik lebur dan densitas yang paling rendah, sifatnya berada antara rhodium, perak, nikel dan platina. Kisaran harga cincin jenis ini sekitar £399.00.
5. Cincin Kawin Berlian

6. Cincin Kawin Tungsten Carbide
 Cincin ini berbahan dasar tungsten carbide. Kisaran harga mulai Rp. 10.000.000,- dan lebih untuk sepasang cincin kawin berlian, sedangkan cincin pernikahan dari tungsten karbida tersedia dalam kisaran harga Rp. 1.000.000,-.
 7. Cincin Kawin Titanium
Cincin ini berbahan dasar titanium yang kuat dan ringan. Harganya termasuk lebih murah dibandingkan cincin emas. Cincin kawin titanium ini tersedia dalam kisaran harga Rp. 500.000.- sampai Rp. 1.500.000.- tergantung pada tingkat kerumitan desain dan pola yang dipilih.





New Cool Gadget for Housewife

post




     The Penguin Teaboy 
        Alat untuk menyeduh teh ini mempunyai timer. Bisa dibeli di seharga $19 di  Signal’s shop.

 


Wall Clock Mixed Numbers









Apple Shaped Memo Pad
Kertas memo berbentuk buah apel yang unik dan sangat kreatif.
Bisa diperoleh seharga $2.39 di http://www.szprice.com
   

Fav News

Real-Mistery.blogspot.com