Message in The Bottle

post



Pesan apa yang terkandung dalam sebuah botol??? Pada saat dia masih utuh, maupun pada saat hancur dan yang tertinggal hanyalah kepingan...
Dia hanyalah benda mati, namun percayakah anda masing2 botol punya kisah tersendiri.

ANCIENT BOTTLE 
Bentuk umum botol tertua dibuat dari bahan tanah liat. Botol2 tersebut memberi gambaran mengenai kebiasaan, teknologi dan nilai seni yang dimiliki oleh bangsa tersebut.



Botol gelas tiup buatan tangan pertama dibuat oleh bangsa Mesir dan Romawi. Botol gelas sempat langka setelah runtuhnya Romawi. Seni gelas tiup muncul kembali sekitar tahun 1500 masehi. Gelas menjadi material elit hingga pertengahan abad ke 17 setelah dengan cepat menggantikan botol berbahan tanah liat dan batu. Perancis dan Belanda sukses dalam mengembangkan botol tiup berbentuk bawang yang lebih besar dan lebih durable untuk keperluan botol anggur mereka. Kemampuan ini menyebar ke Inggris. Sekarang pembuat gelas tiup harus menempelkan mulut botol dengan tangan untuk hasil yang lebih baik. Hal ini berarti sebuah alat dan metode baru yang merupakan formula rahasia mereka. Pada abad ke 19 glasshouse beroperasi sendiri2 dan saling menyembunyikan formula rahasia dari teknik yang mereka gunakan. Bagian ini membuat pembuatan botol menjadi suatu tantangan tersendiri. Bisa jadi suatu glasshouse telah mendahului yang lainnya dalam hal teknik pembuatan botol mereka. Kualitas, craftsmanship dan gaya masing2 sangat bervariasi dari masing2 negara dan didominasi oleh Belanda dan Inggris. tetapi Jerman, Perancis, Hongaria dan negara timur serta daerah lain juga sibuk dengan pembuatan botlo mereka sendiri.

HANDMADE BOTTLE
Dahulu botol kebanyakan dibuat secara manual sehingga bentuknya tidak sepenuhnya ideal. Botol2 tersebut dibuat dengan menggunakan pipa tiup.




PACIFIC GLASS
Pada 30 November 1900, terjadi suatu tragedi di pabrik pembuatan botol ini. Sekitar 13 orang meninggal dan 100 lainnya terluka akibat runtuhnya atap pabrik yang dinaiki oleh ratusan penonton sepak bola yang sebagian besar berusia remaja. Mereka yang terjatuh masuk ke dalam lelehan gelas panas dalam tungku yang membara. Kejadian ini dianggap suatu bencana dan menjadi momentum dimulainya risk management.

COCACOLA
Kisah si botol coca cola ini misalnya. Desainnya berubah dari waktu ke waktu seiring dengan perkembangan jaman.


HEINEKEN
Kisah si botol Heineken ini terbilang unik. Dimulai dari kisah banyaknya botol2 terbuang yang kemudian terdampar di pantai2 tanpa dapat dikembalikan ke bottling plant. Botol2 bekas tersebut menjadi sia2 dan tidak mempunyai arti. Kemudian ide itupun muncul untuk membuat desain botol yang dapat didaur ulang menjadi bangunan. Desain botol ini menyerupai batubata dan dapat disusun sedemikian rupa menjadi dinding. Struktur bagian mulut botol dan bagian bawahnya juga saling sesuai sehingga saling mengunci saat disusun. Saat ini botol tersebut sudah tidak diproduksi lagi dan menjadi langka karena banyaknya botol yang hancur. Botol yang masih ada menjadi koleksi para kolektor.



SEA GLASS
Sea glass atau gelas laut yang menyerupai batu permata ini sebenarnya merupakan sisa2 dari pecahan botol yang kemudian terdampar disepanjang pantai.. Nama lainnya adalah beach glass, mermaid's tears, lucky tears, sea gems. Gelas laut ini menjadi indah karena telah mengalami berbagai proses mekanis selama terombang-ambing dilaut.





Kalau yang satu ini tutup botol warna-warni yang unik ^o^ bagus bukan??


1 komentar:

anita marindra said...

lagi nunggu postingan dari adiku tercinta ttg sea glass..dy lebih jago sih nulisnya..hehe..

Post a Comment

Fav News

Real-Mistery.blogspot.com