Biology Lesson

post



Gen merupakan faktor yang paling berpengaruh tehadap sifat yang diturunkan oleh orang tua dan bertanggung jawab juga pada beberapa penyakit menurun yang terkait kromosom.


Penyakit akibat gen terangkai kromosom X:


Apabila seorang pria menderita kelainan terkait kromosom X, maka kelainan itu tidak akan diturunkan kepada anak laki-lakinya (kecuali bila istrinya juga penderita atau carrier kelainan tersebut) dan hanya akan diturunkan kepada anak perempuannya.

Apabila seorang wanita menderita kelainan terkait kromosom X, maka kelainan itu akan diturunkan kepada semua anaknya baik laki-laki maupun perempuan. Anak laki-laki akan langsung memanifestasikan kelainan tersebut, sementara anak perempuan akan menjadi carrier (kecuali bila suaminya juga menderita kelainan tersebut).

Apabila seorang wanita adalah carrier suatu kelainan terkait kromosom X, maka kemungkinan anak laki-lakinya untuk menderita kelainan tersebut sebesar lima puluh persen, sedangkan setengah anak perempuannya akan normal dan setengahnya lagi carrier (kecuali bila suaminya juga menderita kelainan tersebut).


Contoh penyakit akibat gen terkait kromosom X:


Hemofilia

Hemofilia merupakan penyakit keturunan di mana darah seseorang sukar membeku apabila terjadi luka. Penyakit ini akan termanifestasikan dalam fenotipe apabila kromosom X terangkai h (resesif).


Anodontia

Anodontia merupakan kelainan di mana penderitanya tidak memiliki benih gigi dalam tulang rahangnya, sehingga gigi tidak dapat tumbuh seterusnya. Selain itu, penyakit ini ditandai dengan rambut jarang dan susah berkeringat karena berkurangnya kelenjar keringat. Sama seperti hemofilia, penyakit ini disebabkan gen resesif terpaut pada kromosom X.


Buta warna

Buta warna merupakan kelainan di mana penderitanya tidak dapat menangkap seluruh spektrum warna secara utuh. Terkait dengan keadaan ini maka kelainan terjadi di sel kerucut (cone) yang peka terhadap spektrum warna. Kelainan ini disebabkan oleh gen resesif terpaut kromosom X. Sama seperti penyakit yang disebabkan oleh gen resesif terpaut kromosm X lainnya, maka penyakit ini lebih mudah menimpa laki-laki yang hanya memiliki satu kromosom X daripada wanita yang memiliki dua kromosom X. Apabila hanya satu saja kromosom X pada wanita yang terpaut gen resesif ini, maka wanita tersebut bersifat carrier, yang dapat mewariskan gen tersebut pada keturunan berikutnya.


Masih banyak jenis penyakit lain yang terkait kromosom X. Contoh diatas hanya penyakit yang paling umum ditemui saja.


Contoh penyakit akibat gen terkait kromosom Y:


Nah ini...sampai sekarang belum dapat referensi mengenai penyakitnya..jangan2 nggak ada yah..tapi nggak ada yang nggak mungkin di dunia ini.


Let see....

1 komentar:

anita marindra said...

Mungkin ini yang menyebabkan wanita cenderung mempunyai umur yang lebih panjang daripada pria..
Who knows....

Post a Comment

Fav News

Real-Mistery.blogspot.com