Wisata Pantai Gunungkidul

post



Daerah Gunungkidul terletak di bagian timur Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Daerah ini mempunyai banyak lokasi wisata pantai, diantaranya yang pernah saya kunjungi dan buktikan keelokannya adalah Pantai Baron, Pantai Kukup, Pantai Krakal, Pantai Sundak, Pantai Sadeng dan Pantai Wediombo. Disamping itu masih banyak lagi lokasi wisata pantai yang belum terlalu dikenal dan keindahan alamnya masih asli.

Pantai Baron

Pantai ini terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, sekitar 20 km arah selatan kota Wonosari (40 km dari kota Yogyakarta). Pantai ini mempunyai fenomena alam yang unik, yaitu pertemuan antara air tawar dan air laut. Di bagian barat pantai ini terdapat muara dari suatu sungai bawah tanah yang airnya sangat menyegarkan. Sungai bawah tanah sendiri merupakan fenomena geologi yang khas terdapat didaerah Karst seperti halnya Gunungkidul. 

Seperti halnya pantai-pantai lain di Gunungkidul, Pantai Baron dibatasi oleh tebing-tebing batu karang yang terjal. Di bagian depan pantai berpasir terdapat karang landai yang dihuni oleh berbagai macam hewan laut di ceruk-ceruknya.
Banyak hal menyenangkan bisa dilakukan disini, mulai dari berfoto ria, main layangan, berkunjung ke akuarium laut, berburu hewan laut dengan jaring kecil, membeli pernak-pernik laut, jajan makanan khas, berenang hingga hiking. 
Beberapa hal yang perlu diingat, waspadalah pada gelombang laut yang dapat datang sewaktu-waktu dan selalu perhatikan rambu peringatan dan larangan.
Hal yang patut dicoba:
  • Datang kepantai menjelang pagi dan nikmati matahari terbit serta suasana yang masih sepi.
  • Hiking menyusuri pantai ke arah timur melintasi bukit karang, maka anda akan menemukan keindahan Pantai Kukup
  • Bawa bekal nasi dan sambel dari rumah, belilah ikan langsung dari nelayan. Anda bisa minta bantuan beberapa penjual ikan goreng untuk menggoreng ikan yang anda beli dan nikmatilah bersama bekal yang sudah anda bawa.
  • Bawa bekal sambel urap, pilih dan ambil sendiri rerumputan laut dari celah-celah batu karang, cuci dengan air bersih dan campurkan dengan sambel bekal anda. Nikmatilah urap rumput laut segar ternikmat sedunia.

0 komentar:

Post a Comment

Fav News

Real-Mistery.blogspot.com